Tips Sebelum Menyewa Sepeda Motor

sewa motor murah

Bagi kalian seorang traveller atau backpacker yang memiliki hobi berwisata ke berbagai kota, biasanya, banyak dari mereka yang lebih memilih untuk berjalan kaki untuk menikmati pemandangan kota. Namun saat ini, banyak backpacker yang memilih sewa motor murah untuk menikmati keindahan kota.

Untuk tarif penyewaan, bisa dibilang masih terjangkau yaitu sekitar Rp. 60 – 80 ribu untuk motor – motor matic, dan jika ingin menggunakan motor yang lebih gahar, anda bisa menambah Rp. 20 – 30 ribu per hari nya.

Namun, tetap saja anda harus berhati – hati jika ingin sewa motor Jogja, karena tidak semua penyedia memenuhi standar operasional yang baik. Berikut beberapa hal yang harus anda perhatikan jika ingin aman ketika ingin sewa motor murah.

  1. Cek Testimoni

Hal pertama yang harus anda lakukan ketika menyewa motor adalah dengan mengecek testimoni nya, tidak perlu ribet – ribet mencari kontak penyewa, anda hanya perlu mencarinya di Google, Twitter, Instagram dan lainnya. Disana anda bisa melihat referensi sewa motor di kota yang anda tuju.

  1. Booking Sebelum Berangkat

Banyak kasus orang yang kecewa, karena mendapat motor dengan kondisi yang kurang baik. Sebaiknya, sebelum berangkat ke destinasi wisata, anda membooking dulu minimal satu hari sebelum berangkat ke lokasi tujuan, jika anda sudah booking, dijamin penyedia akan memperhatikan dan memperlihatkan kondisi motor meskipun hanya lewat chat.

  1. Perhatikan Kondisi Motor

Setelah tiba di lokasi penyewaan, biasanya pemilik akan meminta beberapa dokumen seperti KTP, NPWP, dan SIM C, setelah itu, cek kondisi motor mulai dari ban, lampu, rem dan lain sebagainya, jangan lakukan serah terima jika dirasa motor terasa tidak enak. Selain itu, periksa STNK dan pajak motornya. Pastikan pajak motor masih berlaku dan belum habis.

  1. Takar Isi Bahan Bakar

Sebelum menggunakan motor, perhatikan dulu isi dari bahan bakar motor tersebut. Jika anda menyewa motor dan bensinnya tinggal setengah, maka lebih baik dikembalikan lagi setengah. Jika anda sedang di Solo atau Jogja, mengisi bensin sebanyak 1 hingga 2 liter saja sudah cukup untuk berkeliling di dalam kota.

  1. Helm dan Jas Hujan

Biasanya, penyewa motor akan menyediakan satu jas hujan bahkan dua helm untuk jaga – jaga, namun ada juga penyewa yang hanya memberikan satu helm dan harus tambah biaya sewa lebih jika ingin menambah helm dan jas hujan. Pastikan kamu mendapat semua perlengkapan pendukung motor.

Itulah beberapa hal yang harus diperhatikan ketika ingin sewa motor murah. Yang jelas, pastikan anda selalu mematuhi peraturan lalu lintas dimanapun kalian berada, baik itu menggunakan motor atau tidak agar anda bisa lebih menikmati travelling dan terhindar dari hal yang tidak diinginkan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp chat